Rabu, 08 Januari 2014

Nguli Bikin Kolam

|

Kayanya gue bakalan nganggur lama di rumah nih. Itulah yang ada di pikiran gue beberapa bulan yang lalu--sampe sekarang.(agak curcol dikit ye.. hehe) Jadi karena kurang kerjaan, gue iseng-iseng berkreasi buat ngisi waktu luang ini. Terinspirasi dari keinginan nyokap yang pengen punya kolam ikan hias di belakang rumah, akhirnya gue coba sanggupin bikin satu buat doi. Sumber dana semua dari nyokap, dan sebagian bahan bangunan (pasir dan batu bata) ngambil sisa-sisa di rumah nenek. Penggarapan proyek ini sebagian besar gue lakuin seorang diri karena yang lain emang ga lagi libur dan harus masuk kerja dan sekolah.



Singkat cerita, dengan modal-modal tadi dan sedikit nekat, gue mulai peletakan batu pertama tanggal 1 Desember 2013. Pekerjaan dari ngaduk pasir dan semen, nyusun bata, dan seterusnya gue cicil dikit-dikit. Karena emang dasarnya gue yang ga biasa nglakuin kerjaan berat kaya gini jadinya gue gampang capek. Tapi dengan semangat 45 yang terus berkobar gue lanjutin terus kerjaan ini sampe selesai. (lebay dikit, hahaha)


Langsung di-skip aja ceritanya biar ga kepanjangan.. Jadi, akhirnya kolam gue selesai dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Beberapa hari emang gue bolos kerja buat nungguin semennya kering dan kadang-kadang emang lagi males nglanjutin.  Langsung aja cekidot gambarnya deh..

Hari #1:

Hari #2:

Hari #3:




Gue bolos 2 hari terus baru lanjut lagi di hari ke-6.
Hari #6:


Hari #7:

Hari #8:


Alhamdulillah.. Gue cukup puas sama hasilnya.  Setelah semuanya jadi beberapa hari sengaja gue biarin biar bener-bener kering. Setelah kering dimasukin deh air sama penghuninya.. Ga lupa di dalem kolamnya gue pasangin pompa air buat bikin pancuran. Fungsinya buat ngasih supply oksigen ke ikan-ikan di dalem air.

Buat penghuninya, gue masukin 2 ekor kura-kura brazil, beberapa ekor ikan koi dan komet, beberapa ikan molly sama guppy yang kecil-kecil dan warna-warni, serta beberapa taneman air buat ijo-ijoan.


Awalnya semua penghuni gue campurin jadi satu di kolam itu, tapi karena si kura-kura kadang bikin masalah akhirnya terpaksa gue sekat kolamnya. Soalnya kura-kura ini ngegigitin ikan-ikan yang lewat di deketnya, jadinya ada beberapa ekor yang sempat hilang dan mati.Hasilnya kaya gini deh..







Catatan: Kerjaan ini hanyalah iseng belaka. Gue ga akan mendalami profesi ini. Jadi kalo ada yg mau pesen bikinin kolam, kebun, rumah ataupun gedung bertingkat, mohon maaf gue ga melayani. 

2 komentar: