Sabtu, 24 Maret 2012

Papercraft Pertama Gue

|

"Papercraft? Apaan tuh?"
Ceritanya gue lagi ada tugas bikin mading sama maket buat dipamerin di kampus di suatu acara gitu deh. Nah gue bingung mau bikin apa. Masalahnya di acara itu ada larangan buat make bahan sterofoam.
Iseng-iseng gue muter-muter di Facebook buat nyari inspirasi. Gue liat ada grup komunitas papercraft di beranda gue. Oh iya, gue inget dulu gue pernah diinvite temen gue masuk ke grup itu. Muncul deh ide buat bikin papercraft buat mading sama maket gue. Langsung aja gue browsing nyari-nyari desain papercraft sama nanya-nanya ke temen gue yang kebetulan punya hoby bikin papercraft. Gue langsung tertarik dan akhirnya gue putusin buat bikin papercraft.


Jadi, apa sih papercraft itu??
Papercraft adalah seni membuat model/figur yang biasanya terbuat dari lembaran kertas tebal atau karton. Figur itu terbuat dari sebuah pola yang nantinya akan dipotong, dilipat dan dilem sehingga membentuk sebuah figur. Papercraft merupakan kesenian yang sangat populer di Eropa, Amerika dan Jepang. (contekan)

Wow.. Jadi apa aja dong yang bisa dibikin dari seni papercraft?
Sangat amat banyak banget bentuk-bentuk yang bisa dibikin dari seni papercraft, bahkan ga dibatasi, tergantung kreatifitas si orang yang bikin.
Kayak gini nih beberapa hasil bentukan papercraft..

Gimana? Keren-keren kan? 

Terus apa nih yg gue buat?
Papercraft pertama gue adalah pesawat Sukhoi jenis SU-35MK Flanker, pesawat jet tempur bikinan Rusia.
Karena gue baru pertama kali bikin kayak ginian jadi hasilnya agak belepotan, tapi menurut gue lumayan juga sih.. 

Ini nih hasilnya..

Setelah gue tunjukin ke temen-temen ternyata banyak yang tertarik pengen bikin. Gue juga pengen bikin lebih banyak dan lebih bagus lagi pastinya.
Gimana? Tertarik??

9 komentar:

  1. bahan kertas papercraft itu apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma pake kertas karton (biasanya pake sketch book), pola model papercraft (bisa googling), gunting sama lem doang kok.. :)

      Hapus
  2. bisa pakai kertas hvs nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih, tapi tar jadinya lembek dan gampang rusak. mending pake kertas buku gambar aja. :)

      Hapus
  3. sob,plg bagus pke lem apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake FOX STIK yg ada di foto pesawat sukhoi itu aja bro (yg warna kuning)

      Hapus
  4. minta di kirimin model print untuk yamaha r6 boleh gak mas.........trims

    BalasHapus
  5. link buat papercraft nya da ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja cari di situs http://paper-replika.com

      Hapus