Sabtu, 21 April 2012

Pengalaman Pertama Ngeband

|
Ceritanya di kampus gue lagi ada acara kompetisi akustikan tahunan buat "orang dalem" namanya PLASTIC, singkatan dari Plasma in Acoustic, karena acaranya emang di plasma (plasa mahasiswa). Plastic ini diadain tiap Jumat-Sabtu malem selama 4 minggu, mulai 7-29 April 2012. Tiap grup band wajib nampilin 2 lagu, dengan alat musik yang disediain cuma 2 gitar akustik, bass, keyboard, sama cajon.

One day, waktu Plastic ini buka pendaftaran, beberapa temen sekelas gue langsung inisiatif bikin grup band kelas. Mereka langsung merekrut beberapa temen yang disinyalir bisa main alat musik, termasuk gue. Akhirnya grup kita yang beranggotakan 8 orang, Asep, Lea, Nandhan, Titie, Kadek, Arya, Rian, sama gue, kedaftar jadi peserta Plastik. Buat nama grup bandnya kita ngambil dari nama kelas aja, yaitu "kaum DUAFA".

Kasihan pak, buk.. Minta sedekahnya.. 
Hehe.. BUKAN GITU!!
Duafa itu singkatan dari 2-AF Akuntansi, kelas kita saat ini.

Singkat cerita, kita kebagian tampil hari Jumat, 20 April 2012, dengan nomor urut 2. Karena ada aja alasan, kita baru bisa latihan seminggu sebelum hari-H. Awalnya kita bingung mau nampilin lagu apa. Oh iya, di Plastic ini tiap harinya ada 2 lagu wajib yang salah satunya harus ditampilin tiap peserta. Pas hari giliran kita itu, lagu wajibnya "Dia" (Maliq & d'Essential) sama "Falling in Love" (J-Rocks). Lagu yang satunya lagi bebas, boleh apa aja, asal ga menyinggung SARIP (suku, agama, ras, dan IP). Lebih parahnya lagi, kita belom nentuin siapa mainin apa, karena dari 8 anak manusia ini ga ada yang pernah main bass sama cajon sebelumnya. Nah loh! 

Akhirnya, setelah berunding kita tentuin: Lea sama Nandhan jadi vokalisnya, gue sama kadek main gitar, Arya main bass, Titie main keyboard, Rian main biola, dan Asep main cajon (ntar gantian sama Nandhan jadi vokalis juga). Dan 2 lagu yang kita pilih adalah "Dia" (Maliq & d'Essential), sama "Kala Cinta Menggoda" (Chrisye). Selama seminggu kita latihan terus setiap pulang kuliah.

Dari gue sendiri, main gitar itu jadi tantangan. Sebenernya gue cuma bisa-bisaan doang main gitar. Gue aja baru belajar main gitar pas semester 2, itu artinya sekitar setahun yang lalu. Tapi karena udah dipercaya buat main gitar, ya gue harus berusaha maksimal dong. 

Akhirnya hari yang kita tunggu-tunggu tiba, Jumat, 20 April 2012 a.k.a. kemaren. Jeng-jeng!!
Kita disemangatin sama temen-temen sekelas yang nonton disitu. Awalnya emang gue nervous banget. Baru pertama kali ini gue tampil main band, dengan skill gitar yang pas-pasan. 
Tapi alhamdulillah, kita bisa perform lumayan bagus.



Main band bareng Duafa ini jadi pengalaman yang mengesankan buat gue. Makasih Duafa.. I love you all.. 

2 komentar: