Selasa, 07 Oktober 2014

Resep Bikin Beef Teriyaki

|

Minggu ini freezer kulkas di rumah gue penuh sama daging sapi hasil penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1435H dari beberapa tempat. Biar ga kebuang sia-sia harus diolah dan dikonsumsi dong. Kalo dibikin sate terus tiap hari kan bosen. Akhirnya gue nyari-nyari ide buat ngolah daging sapi di internet deh. 


Tiba-tiba aja tadi sore gue kangen makan di H*kben. Maklum, udah setahun gue ga makan di sana gara-gara di area Madiun dan sekitarnya ga ada outletnya. Salah satu menunya, beef teriyaki, masakan khas negeri sakura itu loh yang gue suka banget. Terinspirasi dari situ, kemudian gue tanya-tanya sama Mbah Google gimana caranya bikin beef teriyaki ala Hokben (sebut merek biarin  ).

Setelah baca-baca artikel dari berbagai sumber, karena ga mau ribet, akhirnya gue putusin buat bikin beef teriyaki yang instan aja, pake bumbu instan siap pakai. Di sini gue pake saus teriyaki merek Saori, karena gue taunya cuma merek itu, iklannya di TV meyakinkan, dan kebetulan di dapur masih ada 1 sachet (bukan iklan, gue ga dibayar sama Ajinomoto). Bahan tambahannya cuma bawang bombay, paprika hijau, sama minyak goreng doang. Praktis!

Langsung aja kita bikin masakannya yuk!

Bahan-bahan:
- Daging sapi 300 gr
- 1 sachet Saori saus teriyaki ukuran 23 ml
- Bawang bombay 1/2 siung
- Paprika hijau 1/2 buah
- Minyak goreng secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih daging sapi, kemudian iris tipis-tipis.
- Masukkan 1 sachet Saori saus teriyaki ke dalam irisan daging. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit supaya bumbu meresap.
- Sambil menunggu, potong bawang bombay dan paprika hijau panjang-panjang.
- Panaskan minyak goreng di teflon anti lengket (boleh ditambah mentega).
- Tumis bawang bombay dan paprika hijau hingga harum.
- Masukkan daging sapi yg sudah dilumuri saus teriyaki, aduk rata dan diamkan sebentar, kemudian tambahkan sedikit air.
- Masak hingga daging matang dan empuk sesuai selera.


Daaaaaan... Tadaaaa...!!!
Inilah hasilnyaaaa...

 Eng-ing-eeeeeng...

Tampilannya sangat tidak meyakinkan, dan rasanya....... sama sekali ga mirip kaya yang di Hokben! Luar biasa!!! 

Tapi walaupun rasanya ga mirip masih masuk dalam kategori eatable kok. Dimakan pake nasi masih bisa bikin perut kenyang, dan dijamin ga bakal keracunan.  Hasilnya lumayan lah buat seorang yang ga bisa masak. Kata emak gue sih enak, tapi kurang asin dikit.

Yah, begitulah resep beef teriyaki yang praktis dan ga ribet yang bisa gue bagi buat para pembaca yang nyasar ke blog gue. Akhir kata, don't try this at home!  

2 komentar: